Waspadai Gejala Corona Berikut Ini dan Cara Pencegahannya

Pandemi virus corona hingga saat ini masih menjadi momok tersendiri bagi masyarakat dunia. Di Indonesia sendiri, virus ini terbilang sudah menyebar ke seluruh wilayah dan menyebabkan jumlah penderita yang semakin bertambah dari hari ke hari. Virus corona yang menginfeksi tubuh dan menyebabkan penyakit bernama COVID-19 (corona virus disease 2019) ini memang terbilang mudah penyebarannya, dimana umumnya biasa terjadi melalui percikan atau tetesan ketika seseorang batuk, bersin, atau sedang berbicara. Percikan ini bisa ditularkan secara langsung antar orang ke orang, namun ada juga yang jatuh ke lantai maupun permukaan lain yang kemudian tersentuh oleh orang lain. Baru pada mereka yang terinfeksi akan mengalami gejala corona tertentu.

COVID-19 bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit menular berbahaya, dimana bisa menyerang kesehatan sistem pernapasan manusia. Sebagian besar penderita COVID-19 umumnya akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga sedang, serta masih bisa disembuhkan tanpa harus melakukan perawatan khusus. Namun jika terpapar pada mereka yang sudah berusia lanjut, menderita penyakit berat seperti penyakit kardiovaskular, memiliki sistem daya tahan tubuh yang rendah, dan menderita penyakit pernapasan kronis bisa berakibat fatal pada kesehatannya, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Gejala Corona dan Cara Pencegahannya

Mengetahui gejala dari corona yang sudah menginfeksi tubuh sangat penting sekali Anda ketahui. Sehingga jika sampai mengalami kondisi demikian, Anda bisa segera bertindak untuk melakukan upaya pencegahan agar tidak menularkan, pengobatan ataupun isolasi mandiri. Adapun gejala-gejalanya sebagai berikut:

• Demam.
• Rasa lelah.
• Sesak napas.
• Hidung beringus.
• Sakit kepala.
• Batuk kering.
• Sakit tenggorokan.
• Sakit dan nyeri.
• Serta ada juga yang mengalami diare, mual, dan pilek.

Pada pasien yang mengalami gejala ringan dan dalam kondisi sehat perlu mengisolasi diri serta menghubungi pihak medis agar mendapatkan nasehat kesehatan. Sedangkan pada mereka yang sudah mengalami gejala berupa demam, batuk, dan sulit bernapas harus segera menghubungi dokter dan mencari bantuan dari pihak medis. Untuk mengetahui sudah terinfeksi oleh virus corona ataukah belum setidaknya membutuhkan waktu sampai 14 hari pemeriksaan oleh pihak medis.

Adapun resiko pada seseorang yang sudah terinfeksi oleh virus corona ada beberapa kemungkinan, antara lain:

• 80% akan mengalami penyakit ringan dan bisa sembuh total dalam waktu beberapa minggu.
• 14% akan mengalami penyakit yang lebih parah.
• 6% akan mengalami penyakit kritis yang bisa membahayakan keselamatan jiwanya.

Pada mereka yang mengalami penyakit ringan tentu bisa dan melakukan penyembuhan dan mengantisipasi penyebaran dengan cara isolasi mandiri di rumah selama 7-14 hari. Namun untuk mereka yang terinfeksi dan menderita penyakit yang lebih parah maupun yang kritis perlu bantuan tenaga medis dan melakukan isolasi di rumah sakit yang ditunjuk. Hal ini juga bertujuan agar penyebarannya tidak semakin meluas.

Oleh karena itu, bagi Anda yang merasa sedang flu atau tidak enak badan, meskipun belum tentu positif sebagai gejala corona untuk penyakit COVID-19, bisa melakukan upaya antisipasi dengan menutup mulut ketika akan bersin, batuk, dll atau menggunakan masker untuk lebih amannya. Dan bagi Anda yang belum merasa mengalami gejala apapun, langkah pencegahan perlu dilakukan agar tidak ikut tertular virus ini, seperti dengan rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menggunakan masker ketika beraktivitas dengan banyak orang, melakukan social distancing, menjaga daya tahan tubuh, dll.

Recommended For You

About the Author: pulsanya