Malam Lailatul Qadar Jatuh Pada Tanggal Berapa

Apa Itu Malam Lailatul Qadar? Pertanyaan ini masuk ke tim redaksi nurani. co. id serta hari ini kita hendak menjawabnya yang kita sadur dari web nu.or.id Lailatul Qadar merupakan satu malam berarti yang berlangsung pada bulan Ramadan, yang dalam Al Quran ditafsirkan bagaikan malam yang lebih bagus dari seribu bulan. Serta pula diperingati bagaikan malam diturunkannya Al Quran.

Malam Lailatul Qadar Jatuh Pada Tanggal Berapa

Lailatul Qadar bisa pula kita artikan bagaikan malam pemberian keistimewaan yang dijanjikan oleh Allah pada pemeluk islam yang berniat buat memperoleh bagian dari pelimpahan keistimewaan itu. Keistimewaan ini bersumber pada nilai Lailatul Qadar bagaikan malam yang lebih bagus dari seribu bulan.

Sebentar lagi akan berakhir bulan yang sangat suci umat mukmin ini, semua umat muslim sangat dianjurkan untuk tidak melupakan malam yang bagus ini, yakni malam Lailatul Qadar. Malam yang bernama Lailatul Qadar jadi malam yang pas buat berharap maaf pada Allah SWT di 10 hari terakhir. Alasannya berkah yang dipanjatkan di malam Lailatul Qadar diyakini lebih bagus dari seribu bulan. Baca Juga : 6 Tempat Wisata Lebaran Di Sekitaran Jogja

Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar

Kemudian kapan jatuhnya malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan tahun ini? Bagi tausyiah dari ustad Abdul Somad( UAS) yang diunggah saluran Tafaqquh video pada Kamis( 23/ 5/ 2019).

UAS menarangkan bila malam Lailatul Qadar jatuh pada malam bulan Ramadhan. ” Terdapat yang beranggapan malam yang pertama, ketiga, kelima. Terdapat juga opini pada malam Nuzulul Quran di malam 17,” jelas UAS.

Setelah itu terdapat juga yang beranggapan untuk mencari ganjaran Lailatul Qadar di 10 hari terakhir. ” Kemudian malam yang mana 10 hari terakhir? sebab itu dipersempit lagi di malam 21, 23, 25, 27, serta 29,” lanjut UAS.

Sebab sangat banyak opini, UAS mengatakan bila kearifan dari seluruhnya merupakan buat bukan menyia- siakan tiap malam di bulan Ramadhan. Tetapi banyak yang menekankan bila malam Lailatul Qadar jatuh di akhir bulan Ramadan.

Tanda Tanda Lailatul Qadar

UAS menarangkan bila penekanan di akhir- akhir bulan Ramadan sebab supaya pemeluk mukmin tidak melalaikan itikaf. ” Mengapa di akhir- akhir? sebab jika bukan dipentingkan terdapat malam Lailatul Qadar pikirannya mulai bercabang. Busana, kue, serta lain semacamnya, oleh sebab itu Rasulullah tidak sempat meninggalkan itikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadan,” lanjut UAS.

Apabila Kamu merasakan isyarat itu serta percaya kalau itu merupakan malam Lailatul Qadar, hingga segeralah membaca doa berikut. ” Allahumma innaka‘ afuwwun tuhibbul‘ afwa fa’ fu‘ anni.”

Artinya: Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku.

 

Ibadah yang direkomendasikan saat malam Lailatul Qadar:

1. Salat

Serupa hari- hari umumnya, salat jadi ibadah wajib yang ditunaikan untuk tiap Mukmin. Rasul Nabi Muhammad SAW seperti diriwayatkan Abu Hurairah pernah berkata:“ Siapa aja yang melakukan sholat dikala malam Lailatul Qadar karena iman serta berharap ganjaran dari Allah, dosa- dosanya bakal diampuni.”( Hadits Riwayat Bukhari No 1. 901).

Tidak hanya sholat wajib, terdapat sebagian amalan salat sunnah yang hendaknya dicoba buat memperoleh keberkahan malam Lailatul Qadar, di antara lain salat tahajud serta sholat hajat. Salat tahajud dapat dilaksanakan sehabis bangun tidur, serta waktu yang sangat pas merupakan di sepertiga malam.

Tidak hanya itu, sembahyang hajat menggambarkan ibadah yang dilakukan kala seseorang mukmin menginginkan suatu pada Allah SWT. Melaksanakannya di malam- malam di mana Lailatul Qadar bakal turun, bakal memperbesar kemungkinan hajatmu bakal dikabulkan. Pastinya, berdasarkan dasar niat pada Allah SWT.

2. Dzikir

Dzikir jadi ibadah yang sangat simpel serta gampang dilaksanakan, tetapi kerap kali tidak dilakukan oleh seseorang mukmin. Dengan berdzikir, seseorang mukmin bakal menyebut asma Allah, mengingatnya, di mana juga serta kapan pun.

Tidak terdapat ketentuan yang mengikat buat berdzikir, mengucapkan takbir, hamdallah, pujian, asmaul husna, serta lain serupanya dalam suasana apa juga termasuk ke dalam ibadah dzikir.

3. Membaca Alquran

Salah satu ibadah yang dapat dicoba buat menyambut turunnya Lailatul Qadar yakni dengan membaca Alquran. Dengan melipatgandakan atau memperbanyak bacaan tilawah Alquran di malam- malam Lailatul Qadar, bisa jadi bakal mendatangi mendatangkan berkah khusus. Sebab pada malam itu, malaikat hendak turun berbarengan dengan bantuan yang dilimpahkan oleh Allah SWT.

4. Iktikaf

Umumnya, seseorang Mukmin hendak menghabiskan menyambut malam Lailatul Qadar dengan berdiam diri di masjid serta mendekatkan diri pada Aallah SWT. Buat melaksanakan Iktikaf, seornag mukmin wajib dilandasi niat bertekun buat bersimpuh serta mengingat Allah. Iktikaf sendiri tidak diwajibkan untuk tiap penganut Islam.

5. Berselawat

Memperbanyak selawat pada Rasul Muhammad SAW pula direkomendasikan buat menyambut malam Lailatul Qadar. Karena, berkah yang diijabah serta mustajab lewat berselawat berdasarkan Rasul Muhammad SAW.

6. Berdoa

Berdoa ialah ibadah yang tidak terbatas. Tidak cuma sanggup memanjatkan apa pun, seseorang mukmin juga bisa melaksanakannya kapan aja. Tetapi, terdapat satu doa yang direkomendasikan oleh Rasul Muhammad SAW buat dipanjatkan.

Doa itu ialah:

” Allahumma innaka‘ afuwwun tuhibbul‘ afwa fa’ fu’ anni”

Aisyah mengatakan;“ Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam lailatul Qodar, apa yang mesti saya ucapkan?”,

Beliau menjawab:“ Ucapkanlah; ALLAHUMMA INNAKA‘ AFUWWUN TUHIBBUL‘ AFWA FA’ FU ANNA”( ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pema’ af mencintai kema’ afan, maka ma’ afkanlah daku).”( HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani)

7. Bersuci Lahir serta Batin

Salah satu yang direkomendasikan dikala menyongsong turunnnya malam Lailatul Qadar yakni dengan bersuci. Bersuci dapat dilakukan dengan mandi, berwudhu, serta memakai wewangian di malam yang dimungkinkan berlangsung malam Lailatul Qadar. Seluruh perbuatan terhitung baik serta berpahala, terkait dari macam mana niat yang dipanjatkan atas nama Allah SWT.

Ibadah buat menyongsong malam Lailatul Qadar bukan terbatas pada 7 perbuatan itu. Terdapat banyak ibadah bagus yang dapat dicoba buat mendekatkan diri pada Allah serta memperoleh anugerah Lailatul Qadar.

Recommended For You

About the Author: pulsanya